Rabu, 06 April 2016

sejarah kerajaan prambanan

Selamat datang di blog saya                         

 
     Candi prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi hindu terbesar di Indonesia dan sekaligus menjadi candi terindah se Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur hindu pada umumnya dengan candi siwa sebagai candi utama memiliki ketinggin 47meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil Candi ini di persembahkan untuk Trimurti ada tiga dewa utama Hindu yaitu : Brahma sebagai dewa pencipta ,Wishnuu sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusna.                                                         
    Pembangunan candi hindu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan  sebagai tandingan candi Buddha Borobudur dan juga candi sewu yang terletak tak jauh dari candi prambanan beberapa sejarawan lama menduga bahwa pembangunan candi agung hindu ini untuk menandai kembali berkuasanya keluarga senjaya atas Jawa ,Hal ini terkait teori wangsa kembar berbeda keyakina yg saling bersaing yaitu : wangsa  Sanjaya  penganut hindu dan wangsa  Sailendra  penganut Buddha . Pastinya dengan di bangun candi ini menandai bahwa Hinduisme alira saiwa kembali mendapat dukungan keluarga kerajaan setelah sebelumnya wangsa sailendra cenderung lebih mendukung Buddha aliran Mahayana . Hal ini menandai bahwa kerajaan Medang beralih foku sdukungan keagamaannya dari Buddha Mahayana kepemujaan terhadap siwa.               
        Berdasarkan prasasti  Siwagrha berangkat tahun 856M, bangunan suci ini di bangun untuk memuliakan dewa siwa dan nama asli bangunan ini dalam bahasa sanskerta adalah  Siwagrha (sanskerta :shiva-grha yang berarti 'Rumah Siwa' atau  Siwalaya sanskerta :shiva-laya yang berarti 'Ranah Siwa' atau 'Alam Siwa'. Dalam prasasti ini disebutkan bahwa pembangunan candi siwagrha tengah berlangsung ,dilakuan juga pekerjaan umum perubahan tata air untuk memindahkan aliran sungai didekat candi ini sungai yang dimaksud adalah sungai opak yang mengalir dari utara ke selatan sepanjang sisi barat kompleks candi prambanan, sejarawan menduga bahwa aslinya aliran sungai berbentuk melengkung kearah timur dan dianggap terlalu dekat dengan candi sehingga erosi sungai dapat membahayakan konstruksi candi .Proyek tata air ini dilakukan dengan membuat sodetan sungai baru yang memotong  lengkup sungai dengan poros  utara-selatan sepanjang dinding barat diluar kompleks candi . Bekas aliran sungai asli kemudian ditimbun untuk memberikan lahan yang lebih luas bagi pembangunan deretan candi perwara (candi pengawal atau candi pendamping).   


 Ditelantarkan 
             Sekitar tahun 930-an, ibu kota kerajaan berpindah ke jawa timur oleh Empu Sindok yang mendirikan wangsa insyana.Penyebaba kepindahan pusat kekuasaan ini tidak diketahui secara pasti.Akan tetapi sangat mungkin disebabkan oleh letusan hebat Gunung Merapi yang menjulang sekitar 20kilo meter di utara Candi Prambanan.
kemungkinan penyebab lainnya adalah peperangan dan perebutan kekuasaan.Setelah perpindahan ibu kota,Candi prambanan mulai telantar dan tidak terawat,sehingga pelan-pelan Candi ini mulai rusak dan runtuh .
bangunan candi ini diduga benar-benar runtuh akibat gempa bumi hebat pada abad ke-16.Meskipun tidak lagi menjadi pusat ke agamaan dan ibadah umat Hindu,Candi ini masih dikenali dan diketahui keberadaanya oleh warga jawa yang menghuni desa sekitar.                                                        

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates